Cara Membuat Game dengan Unity3d Lengkap

Cara Membuat Game dengan Unity3d Lengkap


Cara Membuat Game dengan Unity3d Lengkap logo

 COME ON GUYS CAPCUSSS KITE LIAT 

Cara Membuat Game dengan Unity3d Lengkap – Video Game merupakan salah satu hiburan yang paling banyak digemari, salah satunya video game yang masih eksis sampai saat ini contohnya Resident Evil dan juga GTA. untuk membuat game sebetulnya tidak sulit, apalagi sekarang sudah banyak ditemui game engine beserta banyaknya tutorial untuk menggunakannya, salah satunya yaitu Unity3D engine.
Unity3d merupakan sebuah game engine berbasis cross-platform. Unity3D bisa digunakan untuk membuat game Android, IOS, Windows, Linux, MAC, Playstation, Xbox, Web dll. Unity3D bisa digunakan untuk membuat game 3D dan juga 2D. Apalagi semenjak munculnya Unity3D 5 banyak fitur yang semula hanya ada pada versi berbayar kini bisa digunakan untuk versi personal.
Cara Membuat Game dengan Unity3d Lengkap.
Di postingan ini xfoost akan memberikan Contoh tutorial project menggunakan Unity3D. project yang dibuat yaitu Game Dengan Nama “Panjat Tebing”.
Persiapan awal untuk membuat project yaitu;
  1. Download Unity3d di situs resminya unity3d.com.
  2. Karakter 3D bisa anda buat menggunakan Blender atau software yang lain, lalu beri animasi sedang memanjat.
  3. buat objek bebatuan dan juga coin di blender ataupun 3d modeling software lain.

Project Game Panjat Tebing

Game ini saya buat beberapa waktu lalu, Silahkan Ikuti petunjuknya;
1. Buat sebuah project, saya sendiri membuatnya dengan nama “Panjat Tebing” karena game ini game Panjat Tebing. tapi jika anda menginginkan nama yang lain silahkan menggunakan nama yang lain sesuai keinginan anda.
Cara Membuat Game dengan Unity3d Lengkap 1

2. Setelah halaman muncul selanjutnya import karakter 3d utama yang telah anda buat tadi dengan cara di drag ke Project. Ubah Animation Type pada bagian Inspector karakter tersebut, yang semula Generic menjadi Legacy lalu Apply.
Cara Membuat Game dengan Unity3d Lengkap 2

3. Sama Seperti halnya nomor 2, import object Bebatuan dan juga object Coin yang telah dibuat sebelumnya, untuk pengaturan di inspector tidak diubah pun tidak masalah.
4. selanjutnya buat Script js baru dengan nama clone.js lalu masukan script dibawah.
#pragma strict
public var tebing : Rigidbody;
public var barrelEnd : Transform;
function OnTriggerEnter (col : Collider) {
if(col.tag =="Player"){
var rocketInstance : Rigidbody;
rocketInstance = Instantiate(tebing, barrelEnd.position, barrelEnd.rotation);
rocketInstance.AddForce(barrelEnd.forward * 0);
}
}
*Script diatas nantinya digunakan untuk mengclone tebing, jadi seolah olah karakter yang bergerak naik, padahal background tebing yang bergerak turun.
5. Buat kembali script baru dengan nama maju.js lalu masukan kode berikut.
var speed : float = 5.0;
function Update () {
transform.Translate(Vector3(0,0,speed) * Time.deltaTime);
}
*Script ini fungsinya agar object bergerak dari atas kebawah atau sebaliknya, bisa juga dari depan ke belakang atau kiri ke kanan. tergantung posisi sumbu yang diatur.
6. Buatlah sebuah plane, ukuran bisa disesuaikan, lalu beri texture seperti bebatuan, lalu beri nama tebing dan Add Component Rigidbody, Script clone.js dan maju.js yang tadi sudah dibuat. atur pengaturan seperti gambar dibawah.
Cara Membuat Game dengan Unity3d Lengkap 3

7. pada gambar di atas terlihat pada script clone ada Tebing dan juga end. untuk Tebing silahkan drag ke project agar menjadi sebuah prefab. setelah di drag maka masukan prefab tebing tadi kedalam pengaturan inspector objek Tebing yang sudah ada pada menu hierarchy. dan untuk end buatlah object kosong dan beri namaend. posisinya harus berada diatas karakter utama. fungsi object end ini adalah output dari object tebing itu sendiri. jadi seolah olah karakter sedang naik ke atas. padahal tebing yang bergerak seolah olah tidak ada habisnya. padalah diclone secara berulang ulang.
8. Buatlah Script baru dengan nama destroy.js masukan kodenya.
function OnTriggerEnter(col : Collider){
if(col.gameObject.tag == "Tebing")
Destroy(col.gameObject);
if(col.gameObject.tag == "point")
Destroy(col.gameObject);
if(col.gameObject.tag == "batu")
Destroy(col.gameObject);
}
*kegunaan script diatas untuk menghilangkan object tebing, point dan juga batu ketiga bersentuhan dengan objek yang sudah diberi tersebut.
PENTING jangan lupa untuk menguubah tag pada masing – masing objek sesuai secript diatas. untuk tebing menjadi tebing, untuk coin menjadi point, untuk batu menjadi Batu.
8. buatlah object cube lalu simpan posisinya dibawah player lebih jauh. lebar sesuai ruang jatuhnya tebing, point dan bebatuan tadi. kegunaannya unuk menghilangkan/menghapus objek tersebut saat keluar dari pantauan camera. jika tidak dihilangkan atau dihapus maka Lag berat dan Crash.
9. buatlah script js dengan nama muncul.js kemudian masukan kode berikut.
var projectile : Rigidbody;

var end : Transform;

function OnTriggerEnter (col : Collider) {

if(col.tag =="Player"){

/// untuk clone objek batu dan juga point

var clone : Rigidbody; clone = Instantiate(projectile, end.position, end.rotation); clone.velocity = transform.TransformDirection (Vector3.back * 10); } }

*Script diatas berguna untuk clone objek. yang nati akan digunakan untuk clone objek batu dan juga point.
10. buatlah 40 buah sphere dengan nama bebas dengan ukuran tinggi sama seperti karakter. dan lebar 2 kali lebih besar dari karakter. jangan lupa centang trigger pada inspector. 20 puluh sejajar dengan karakter untuk 20 lagi jauh diatas karakter. untuk posisi saling berjajar diberi sedikit jarak dari satu ke yang lainya. kegunaannya ketika anda masuk kewilayah antara 20 objek yang sejajar dengan karakter  tersebut maka batu dan point akan diclone oleh objek tersebut. output dari klone tersebut yaitu berada di 20 objek atas. selanjutnya masukan 2 script muncul.js kedalam 20 objek yang sejajar dengan karakter. Untuk pengaturan pada di inspector yaitu.
  • Projectile: nama batu dan juga nama point.
  • End: nama salah satu objek dibagian atas yang sejajar dengan objek tersebut. gambarnya seperti ini.
Cara Membuat Game dengan Unity3d Lengkap 4
11. buatlah sebuah script js baru dengan nama tombol.js dan masukan kode berikut.
var speed : float = 5.0;

function Update () {

if(Input.GetKey(KeyCode.D))

transform.Translate(Vector3(speed,0,0) * Time.deltaTime);

if(Input.GetKey(KeyCode.A))

transform.Translate(Vector3(-speed,0,0) * Time.deltaTime);

}

*Script diatas berguna untuk menggerakan karakter.
12. masukan karakter utama dengan posisi sesuai dengan gambar di atas tadi. lalu Add component tombol.js, centang is trigger. lalu sesuaikan pengaturan dengan gambar dibawah.
Cara Membuat Game dengan Unity3d Lengkap 5
Selesai Selanjutnya coba play. demikian tutorial Cara Membuat Game dengan Unity3d Lengkap dari xfoost, untuk tambahan anda juga bisa melihat Cara Memasang iklan di Unity3D dan juga Cara build android di Unity3D.

NAMA : ELMA YUNIANTI
KELAS : XII TKJ 2
ABSEN : 12

Author:

Kelas XII TKJ 2 ''15 SMK Panca Bhakti Banjarnegara

Facebook Comment